SASTRA

Thursday 18 March 2010

TEKNOLOGI UAP

LOKOMOTIF UAP


APAKAH KERETA API UAP ITU?

           
adalah kereta api yang digerakkan dengan uap air yang dibangkitkan/dihasilkan dari ketel uap yang dipanaskan dengan batu bara, kayu bakar, ataupun minyak bakar, oleh karena itu kendaraan ini dikatakan sebagai kereta api dan terbawa sampai sekarang. Sejak pertama kali kereta api dibangun di Indonesia tahun 1867 di Semarang telah memakai lokomotif uap, pada umumnya dengan lokomotif buatan Jerman, Inggris, Amerika Serikat dan Belanda. Paling banyak ialah buatan Jerman.


A. PENEMUAN MESIN UAP


SIAPAKAH PENEMU MESIN UAP ITU?



Semua pasti sudah tahu semua siapa James Watt itu!
Pria yang dilahirkan 19 Januari 1736 di Greenock Skotlandia menemukan penyempurnaan mesin uap pada tahun 1769. Permulaan kereta api uap bermula dengan penemuan penyempurnaan mesin uap ini.

Jadi, James Watt adalah "PENEMU MESIN UAP."

  
B. BAGAIMANA CARA KERJA MENGGERAKKAN RODA KERETA API INI?


  
Mekanisme menggerakkan roda kereta api (3 roda atau C)Untuk menggerakkan roda kereta api uap air dari ketel uap dialirkan ke ruang dimana piston diletakkan, uap air masuk akan menekan piston untuk bergerak dan disisi lain diruang piston uap air yang berada diruang tersebut didorong keluar demikian seterusnya. Uap air diatur masuk kedalam ruang piston oleh suatu mekanime langsung seperti ditunjukkan dalam gambar. Selanjutnya piston akan menggerakkan roda mealui mekanisme gerakan maju mundur menjadi gerak putar.

OK! Setelah mengetahui Penemuan MESIN UAP dan bagaimana cara menggerakkan rodanya, sekarang saya akan memberi tahu mengenai cerita seputar Kereta Api Uap di Indonesia.


a. SEJARAH KERETA API DI INDONESIA
Kereta api pertama di Indonesia dibangun tahun 1867 di Semarang dengan rute Samarang NIS-Tanggung yang berjarak 26 km, atas permintaan Raja Willem I untuk keperluan militer di Semarang maupun untuk mengangkut hasil bumi ke Gudang Semarang. Kemudian dalam melayani kebutuhan akan pengiriman hasil bumi dari Indonesia, maka Pemerintah Kolonial Belanda sejak tahun 1876 telah membangun berbagai jaringan kereta api, dengan muara pada pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan Tanjung Perak Surabaya.

b. BERBAGAI LOKOMOTIF UAP DI INDONESIA

Di Indonesia pernah ada lokomotif uap dari berbagai jenis, antara lain:
  • Lokomotif Uap Tahun 1898: Seri B Bristol
  • Lokomotif Uap Tahun 1905: Seri C Birmingham
  • Lokomotif Uap Tahun 1920: Seri BB Manchester
  • Lokomotif Uap Tahun 1930: Seri CC Manchester
  • Lokomotif Uap Tahun 1916: Seri DD ALCO (yang terbesar di Indonesia, kelas 2-8-8-0)
  • Lokomotif Uap Tahun 1954: Seri D 52 Krupp Essen.
Di Indonesia tidak ada lokomotif super besar seperti Big Boy, Challenger, atau Northern (DD 50 atau DD 51 mirip Northern). Namun, ada lokomotif bergigi di jalur Ambarawa-Magelang dan Sumatera Barat.


c. KERETA API PADA REL BERGIGI DI SUMATERA BARAT DAN AMBARAWA

Tahukah kamu?
Di Indonesia pernah beroperasi kereta api pada rel bergigi di Sumatera Barat dan Ambarawa, yaitu kereta api yang beroperasi di daerah pegunungan dengan kemiringan lintas rel sebesar 6% (lintas kereta umumnya hanya sampai 1% saja). Kini kereta api tersebut masih dioperasikan untuk kepentingan pariwisata di Sumatera Barat dan Ambarawa.

d. DEPO LOKOMOTIF UAP DI MADIUN

Pada mulanya depo lokomotif uap ada di seluruh stasiun di Indonesia, seperti Tanahabang Jakarta, Bandung, Purwokerto, Kutoarjo, Pengok (bengkel lokomotif se-Jawa di Yogyakarta), Madiun, dan Gubeng (Surabaya), namun sejak pemerintah mengimpor lokomotif diesel, maka Madiun telah ditetapkan menjadi bengkel pusat lokomotif uap menggantikan bengkel Pengok. Sekarang lokasi di Madiun dipakai untuk PT. Industri Kereta Api (PT. INKA).


e. LOKOMOTIF UAP TERAKHIR DI INDONESIA


Pada tahun 1950, Pemerintah RI melalui DKA (Djawatan Kereta Api) mengimpor lokomotif uap yang terakhir yaitu seri D 52 dari pabrik Fried Krupp di Essen, Jerman sebanyak 100 buah dengan sistem kopel 2-8-2. Lokomotif ini sangat kuat dan dipakai di berbagai kebutuhan untuk penumpang, barang maupun angkutan batu bara. Setelah beroperasi sekitar 30 tahun (D 52), maka pengoperasian lokomotif uap berakhir seiring dengan adanya era peralihan traksi uap menjadi traksi diesel. Lokomotif uap yang masih tersisa berada di Ambarawa.


SUMBER :
http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Walschaerts_motion.gif

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment