SASTRA

Saturday 17 December 2011

Nama dan Asal-usul Aneka Jenis Topi

Anda penggemar topi? Sebenarnya, ada berapa sih jenis-jenis topi itu?
Pengen tahu apa aja nama dan asal-usul topi yang mungkin udah ada di lemari anda?
Ayo kita check! :D

1. Baseball cap



    Seperti namanya, baseball cap adalah topi para pemain baseball. Topi ini sudah dikenal sejak akhir tahun 1800-an. Awalnya, topi ini berbahan lemas. Namun, sejak tahun 1940 terjadi pengembangan desain. Pada tahun itu ditemukan sebuah alat untuk mengeraskan karet lateks pada bagian depan kening yang berbentuk flat. Penambahan karet lateks flat ini berfungsi untuk melindungi mata dari sinar matahari. Seiring waktu, topi ini tidak lagi hanya dipakai oleh para pemain baseball. Di Amerika, Kanada, Brazil, dan Jepang, topi ini sering dipakai sehari-hari dan dipadukan dengan pakaian casual.

2. Coboy Hat



     Topi berbentuk lebar dan tinggi ini dikenal sekitar tahun 1865, yang didesain pertama kali oleh John B. Stetson. Dulu, topi koboi ini sering dipakai oleh para pekerja peternakan, penunggang kuda, serta para penyanyi country di Amerika.
     Awalnya, topi ini terbuat dari kulit, namun kemudian topi koboi lebih banyak dibuat dari bahan felt maupun anyaman. Desainnya juga jadi variatif, misalnya diberi hiasan pita pada sekelilng mahkotanya. Warnanya pun tidak hanya hitam dan cokelat, tapi juga hadir dalam warna-warna pastel yang menarik dan cantik.

3. Fedora



    Fedora berasal dari nama tokoh dari sebuah drama karya Sarah Bernhardt, pada tahun 1882. Tokoh utama dalam drama tersebut bernama Putri Fedora Romazona. Nah, pentas Putri Fedora tampil menggunakan topi yang kemudoan dikenal dengan nama fedora. Namun, dalam perkembangannya, topi tersebut justru banyak dipakai oleh cowok.
     Umumnya, topi fedora terbuat dari bahan lembut, seperti satin, beludru, wol atau ada juga yang terbuat dari bahan anyaman. Topi ini biasanya bermotif kotak-kotak dan berwarna gelap, seperti cokelat, hitam, biru tua, atau abu-abu. Pada awa; tahun 1960-an, topi fedora tidak lagi banyak dipakai. Namun, pada tahun 1990-an, fedora ngetren kembali, bahkan banyak dipakai oleh cewek. Fedora tidak lagi dianggap sebagai topi orang tua dan terkesan formal, tapi sudah fleksibel dan bisa dipakai dalam berbagai suasana, misalnya dipadu dengan gaya casual serta dalam suasana santai. Penyanyi yang selalu identik dengan topi fedora antara lain Jazon Mraz, Justin Timberlake, dan Tompi.

4. Golf Hat
 


      Topi ini awalnya dipakai oleh parapekerja kelas rendaj dan kaum menengah di Irlandia dan Inggris pada abad XIX. Namun, sekitar tahun 1920-an topi ini hampir dipakai oleh semua cowok penyuka fashion.

5. Beanie



      Topi yang pertama kali dikenal sekitar tahun 1940-an ini terbuat dari benang wol dengan menggunakan teknik rajutan. Ada yang memiliki brim (bagian yang lebar dan menonjol) pendek hanya pada bagian depan, atau ada juga yang tanpa brim.

*6. Hoodie
  


      Jaket yang ada tutup kepalanya (hoodie-red).

Oke bos, udah pada tahu kan apa aja nama sama asal usul topi kesayangan anda?
Semoga bermanfaat ilmunya ya ...

Source : Girls Magazine ed.5 thn VI

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment